Jumat, 27 November 2015

5 Pengarang dan Penulis Cerpen yang Terkenal di Indonesia

Salam penuh inspirasi pembaca hebat. Beberapa waktu lalu, Pak Tua pernah memperkenalkan kalian pada 5 Penulis Terkenal Indonesia, Tere Liye, Andrea Hirata, atau Kang Abik adalah sederetan nama-nama hebat tersebut. Jika kalian adalah salah satu penikmat prosa cerpen, nama-nama ini atau bahkan karya-karya hebat mereka yang bertebaran diberbagai media mungkin sudah tidak akan asing lagi di telinga anda. Baiklah, kita akan langsung melihat sosok pertama dari deretan hebat ini:
  1. Helvy Tiana Rosa

    Seorang cerpenis wanita yang lahir di Medan, Sumatera pada 2 April 1970 yang biasa dikenal dengan sebutan HTR. Ia menjadi salah seorang pelopor sastra Islami di Indonesia. Tak hanya menunjukkan kiprah-nya di Tanah Air, HTR juga memiliki berbagai prestasi yang terekam di dunia Internasional. Sebuah karya fenomenal dari penulis ini yang telah berhasil menginspirasi banyak orang untuk menemukan hidayah ialah cerpen “Ketika Mas Gagah Pergi”. Ia jua adalah pendiri Forum Lingkar Pena dan merupakan seorang dosen Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta.
  2. Iva Avianty

    Iva Avianty lahir di Jakarta 21 Mei 1970. Seorang yang jua merupakan penggiat sastra Islami ini banyak dimuat karyanya dalam majalah-majalah Islami, seperti UMMi dan Annida. Yang menarik dari cerpenis satu ini adalah gaya bahasa yang cenderung berbeda dari kebanyakan penulis pada aliran sastra ini, gaya bahasa yang digunakan cenderung renyah, kocak, dan menggunakan setting modern, namun tanpa meninggalkan idealisme islamnya. Kita akan merasakan nuansa Islam yang apik dan moderat dalam setiap karya cerpen yang ia suguhkan.
  3. Asma Nadia

    Cerpenis yang jua merupakan Novelis populer Indonesia ini sama jua seperti dua penulis sebelumnya, yakni penggiat sastra islami. Asma Nadia yang gemar melakukan travelling ini juga banyak menulis non-fiksi yang merupakan catatan hatinya. Namun demikian, dengan semua karya-karya novel maupun non-fiksi, ia tak kalah banyak menghasilkan karya berupa cerpen yang kebanyakan mengambil topik kehidupan kaum wanita yang dipinggirkan. Asma Nadia jua adalah salah seorang pendiri Forum Lingkar Pena. Beberapa cerpen karya Asma Nadia adalah Cinta Laki – Laki Biasa, Mengayam Kesabaran dan Catatan Hati Seorang Istri.
  4. Afifah Afra

    Konsen dari penulis serba bisa ini sebenarnya adalah menulis novel epik (novel sejarah). Namun, ia juga dikenal sebagai salah seorang pengarang cerpen yang cukup produktif.
  5. Naqiyyah Syam

    Pengarang cerpen dari Lampung ini dikenal produktif menulis cerpen anak, dan dewasa. Tulisannya Cerpenis satu ini tersebar dalam banyak antologi bersama dan media massa khususnya harian Lampung Pos.
Yak kawan, itu dia jajaran 5 Penulis Cerpen yang semoga bisa menginspirasi, atau paling tidak karya-karyanya bisa segera sahabat cari untuk menjadi hiburan yang bermanfaat, yang rangkaian hikmahnya indah membimbing menuju pribadi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar