Minggu, 03 Januari 2016

Fakta Unik Tentang Jakarta

Tepat di tanggal 22 Juni, ibukota negara Indonesia yakni kota Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke 488. Sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia, banyak cerita yang telah terjadi di kota yang usianya 4 abad ini. Di kenal sebagai kota metropolitan, Kota Jakarta ternyata menyimpan sejumlah fakta menarik loh, Toppers. Nah, Buat kamu yang lahir bahkan sudah menetap bertahun-tahun di Jakarta, rasanya kurang lengkap kalau belum mengetahui fakta-fakta unik tentang Jakarta. 

1. Sebelum dinamakan Jakarta, ibukota negara Indonesia ini sempat berganti nama sebanyak 13 kali loh!

Banyak orang yang belum tahu kalau kota Jakarta sempat berganti nama hingga 13 kali sejak tahun 1527. Ini dia pergantian nama-nama kota Jakarta dalam kurun waktu lebih dari 4 abad:
  1. Di abad ke-14 dikenal sebagai Sunda Kelapa, sebuah kota pelabuhan yang sukses menjadi pusat perdagangan di Asia.
  2. Pada 22 Juni 1527, nama Sunda Kelapa pun diubah menjadi Jayakarta oleh Fatahillah. Nama Jayakarta sendiri memiliki arti sebagai kota kemenangan,
  3. Kota ini berubah nama lagi menjadi Stad Batavia, saat Belanda mulai menduduki Indonesia di tahun 1621.
  4. Di tahun 1905, nama Stad Batavia pun berubah menjadi Gemeente Batavia.
  5. Di tanggal 8 Januari 1935, kota ini pun memiliki nama baru, yakni Stad Gemeente Batavia.
  6. Saat Jepang menjajah Indonesia, nama kota ini pun kembali berganti menjadi Jakarta Toko Betsu Shi.
  7. Di tahun 1945, tepatnya setelah kemerdekaan, nama Jakarta Toko Betsu Shi pun berubah menjadi Pemerintah Nasional Kota Jakarta.
  8. Tanggal 20 Februari 1950, tepatnya pada masa Pemerintahan Pre Federal, nama Stad Gemeente Batavia pun dipilih kembali sebagai nama baru kota Jakarta
  9. Hanya berselang 1 bulan, yakni di tanggal 24 Maret 1950 lagi-lagi terjadi pergantian nama. Stad Gemeente Batavia pun berubah menjadi Kota Praj’a Jakarta
  10. 18 Januari 1958, sebagai daerah swatantra, kota Praj’a Jakarta pun berganti menjadi Kota Praja Djakarta Raya.
  11. Tahun 1961, kota ini kembali berubah nama menjadi Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya
  12. Berdasarkan UU No. 10 tahun 1964, kota bersejarah ini ditetapkan menjadi ibukota negara dan resmi berganti nama menjadi Jakarta.
  13. Nama Jakarta pun semakin dipoles dengan menambahkan kata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tahun1999. Dan nama ini bertahan hingga sekarang.
7 fakta unik tentang jakarta - jakarta mengganti nama hingga 13 kali
indonesiaexpat.biz

2. Buat yang suka sejarah, kota Jakarta menyediakan 47 museum yang bisa kamu datangi

Jakarta memang selalu dikaitkan sebagai kota metropolitan lengkap dengan segala kemewahannya. Namun siapa sangka, ternyata kota Jakarta memiliki 47 museum bersejarah yang bisa kamu kunjungi. Tersebar di seluruh wilayah Jakarta, museum-museum ini menyimpan peninggalan bersejarah yang wajib kita lindungi, Toppers. Nah daripada jalan-jalan ke mall terus, mending sekali-sekali Toppers coba mendatangi salah satu dari 47 museum di Jakarta ini.
7 fakta unik tentang jakarta - memiliki 47 museum
rekomendasiwisata.com

3. Ternyata maskot Jakarta bukan Monas!

Kalau ditanya soal maskot Jakarta, wah pasti orang-orang langsung menyebut Monas alias Monumen Nasional yang letaknya di Jakarta Pusat. Padahal jawaban itu salah besar, Toppers. Maskot Jakarta yang sebenarnya adalah patung burung Elang Bondol dan Salak Condet yang ada di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.
Maskot Burung Elang Bondol dan Salak Condet ini ditetapkan pada tahun 1989. Elang Bondol dan Salak Condet sendiri memang dahulu sering terlihat saat Jakarta masih berupa pepohonan. Namun karena Jakarta telah berubah menjadi gedung-gedung perkantoran dan pemukiman penduduk, kedua maskot ini pun seakan ikut menghilang bersama dengan pepohonan yang dulu memenuhi Jakarta .
7 fakta unik tentang jakarta -  maskot jakarta adalah burung elang bondol dan salak condet
photobucket.com

4. Jakarta berada di urutan teratas sebagai kota dengan lalu lintas terpadat di dunia

Buat kamu yang tinggal atau bekerja di Jakarta, kemacetan memang menjadi ‘makanan’ sehari-hari. Alih-alih tuntas, masalah kemacetan di Jakarta pun seakan kian bertambah parah dari tahun ke tahun. Tak heran jika Jakarta menduduki posisi pertama sebagai kota dengan lalu lintas terpadat di antara 77 negara dunia berdasarkan hasil survey Thrillist. Kepadatan lalu lintas di Jakarta mengalahkan Turki dan Meksiko.
7 fakta unik tentang jakarta - kota dengan lalu lintas terpadat di dunia
jakarta.bisnis.com

5. Jakarta adalah kota dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia

Kemewahan Jakarta tak pelak mengundang para pedatang untuk tinggal dan mencari pekerjaan. Hal inilah yang membuat pertumbuhan penduduk di Jakarta semakin meningkat di setiap tahunnya. Peningkatan jumlah penduduk secara signifikan ini menyebabkan Jakarta menjadi kota paling padat di Indonesia.
7 fakta unik tentang jakarta -  kota terpadat di indonesia
jakartakita.com

6. Nggak perlu jauh-jauh belanja ke luar negeri, karena Jakarta termasuk kota dengan jumlah mall terbanyak di dunia

Buat kamu yang sering hijrah ke negara tetangga hanya untuk berbelanja, sebaiknya perlu menjelajahi Jakarta lebih sering lagi, Toppers. Sebagai kota paling modern di Indonesia, Jakarta menyediakan banyak mall yang bisa kamu kunjungi. Bahkan jika dihitung-hitung, telah berdiri lebih dari 173 mall yang tersebar di seluruh kawasan Jakarta. Jumlah ini disebut-sebut menjadikan Jakarta sebagai kota dengan mall paling banyak di dunia loh!
7 fakta unik tentang jakarta - kota dengan 173 mall
store.lotteshopping.com

7. Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta pertama kali digelar pada tahun 1968

Warga Jakarta pasti sudah nggak asing lagi dengan Jakarta Fair. Acara yang selalu diadakan menjelang HUT Jakarta ini pun tak pernah gagal menarik para pengunjung. Tapi tahukah Toppers tentang asal-muasal Jakarta Fair ini? Ternyata, Jakarta Fair ini pertama kali digagas oleh Syamsudin Mangan, Ketua Kamar Dagang tahun 1968, dan kemudian dilaksanakan oleh Gubernur Jakarta masa itu, yakni Ali Sadikin. Pada awal digelar, Jakarta Fair bertempat di Monas.
7 fakta unik tentang jakarta - jakarta fair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar