Minggu, 03 Januari 2016

Membangun Konsep Kurikulum Ideal di SD

MEMBANGUN KONSEP KURIKULUM IDEAL  DI SD

1.      Pengertian kurikulum
Kurikulum dapat diartikan sebagai sebuah dokumen perencanaan yang berisi tentang tujuan yang harus dicapai, isi materi dan pengalaman belajar yang harus dilakukan siswa, strategi dan cara yang dapat dikembangkan, evaluasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang pencapaian tujuan, serta implementasi dari dokumen yang dirancang dalam bentuk myata. Dengan demikian, pengembangan kurikulum meliputi penyusunan dokumen, implementasi dokumen serta evaluai dokumen yang telah disusun.
2.      Peran dan Fungsi Kurikulum
Sebagai salah satu komponen suatu sistem pendidikan, paling tidak kurikulum mempunyai peran, yaitu :
–                      peran konservatif yaitu melestrikan berbagai nilai budaya senagai warisan masa lalu
–                      peran kreatif yaitu mengembangkan setiap potensi yang dimiliki siswa
–                      peran kritis dan evaluatif yaitu menyeleksi dan mengevaluasi segala sesuatu yang di anggap bermanfaat untuk kehidupan anak didik
Di lihat dari cakupan tujuannya menurut McNeil (1990), yaitu :
–                      fungsi pendidikan umum
–                      suplementasi
–                      eksplorasi
–                      keahlian
maka jelaslah kurikulum berfungsi untuk setiaporang atau lembaga yang berhubungan baik langsung maupun tidak langsung.
Berkaitan dengan kurikulum, Alexander Inglis (1990)  mengemukakan enam fungsi kurikulum untuk siswa:
–                      fungsi penyesuaian
–                      fungsi integrasi
–                      fungsi difersiasi
–                      fungsi persiapan
–                      fungsi pemilihan
–                      fungsi diasnogtik
3.       Cara membangun konsep Kurikulum ideal di SD
Ideal curriculum atau kurikulum ideal adalah kurikulum yang berisi sesuatu yang baik, yang diharapkan atau dicita-citakan sebagaimana dimuat dalam buku kurikulum. Adapun cara membangun konsep Kurikulum yang ideal di SD yaitu :
1.      Mengembangkan kurikulum yang mengacu pada landasan kurikulum
2.      Mengorientasikan kurikulum pada pusat-pusat kehidupan.
3.      Merangsang minat murid dan mengusahakan kegiatan belajar menjadi lebih luas.
4.      Melengkapi dasar pengembangan unit-unit pelajaran.
5.      Melengkapi proyek kerjasama sekolah dan masyarakat, ketika para siswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan masyarakat.
6.      Adanya Pewakilan Departemen Pendidikan setempat dan guru Sd dalam merancang Kurikulum.
7.      Menerapkan prinsip pengembangan kurikulum.
8.      Memahami serta melihat dari segi komponen kurikulum dan pembelajaran.



4.      Implementasi Kurikulum Ideal
Implemnetasi kurikulum adalah penerapan atau pelaksanaan program kurikulum yang telah dikembangkan dalam tahap sebelumnya, kemudian diuji cobakan dengan pelaksanaan dan pengelolaan, sambil senantiasa dilakukan penyesuaian terhadap situasi lapangan dan karakteristik peserta didik, baik perkembangan intelektual, emosional, serta fisiknya.
Adapun tahapan implementasi kurikulum mencakup tiga kegiatan pokok, yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi.
·         Pengembangan program mencakup program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selain itu ada juga program bimbingan dan konseling atau program remedial.
·         Pelasanaan pembelajaran. Pada hakikatnya, pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam pembelajaran, tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik tersebut.
·         Evaluasi proses yang dilaksanakan sepanjang proses pelaksanaan kurikulum semester serta penilaian akhir formatif dan sumatif mencakup penilaian keseluruhan secara utuh untuk keperluan evaluasi pelaksaaan kurikulum.

Dengan tahap-tahap tersebut akan tercapai tujuan-tujuan kegiatan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Hal itu secara otomatis akan meningkatkan pemanfaatan dan penerapan kurikulum yang ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar